ImageMembuat  toko online merupakan hal yang sangat sulit, rumit bahkan memerlukan biaya yang sangat besar. Tapi seiring perkembangan toko online yang banyak di minati oleh pengguna internet, maka Semenjak hadirnya teknologi Website Content Management System atau lebih dikenal dengan CMS pada pertengahan tahun 2000-an, membuat toko online menjadi perkara yang mudah bahkan gratis.

Ada beberapa beberapa CMS khusus toko online yang dapat kita gunakan antara lain prestashop, Opencart, MagentoCommerce, dan masih banyak lagi. Tapi dari beberapa CMS atau software toko online tadi, Prestashop  merupakan salah satu CMS yang paling populer dan banyak di pakai oleh pengguna internet.

Di Indonesia, Prestashop adalah salah satu solusi jualan online yang cukup populer di Indonesia. Prestashop menawarkan fitur-fitur yang cukup lengkap, mudah dipahami, sederhana, gampang, siap pakai, bisa di-instal dengan mudah dalam web hosting, dan tentu saja gratis. Dalam menilai sebuah situs toko online, yang paling penting pagi pelanggan adalah kemudahan dalam berbelanja secara online. Kemudahan ini adalah faktor utama (selain keamanan) yang membuat orang mau berbelanja secara online. Apalagi bagi masyarakat Indonesia yang belanja online-nya belum membudaya, faktor kemudahan ini tidak boleh diabaikan. Jadi, membuat toko online dengan prestashop merupakan hal yang harus anda gunakan.

Fitur-Fitur  Prestashop

  • Mendukung penggunaan voucher diskon. Voucher ini dapat Anda berikan kepada user tertentu atau kepada semua user.
  • Mendukung diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu (bisa persentase diskon atau nominal diskon).
  • Mendukung kombinasi produk. Misalnya produk satu iPod ada yang berwarna merah, hitam, putih dll. Kemudian kapasitasnya ada yang 8GB, 16GB 32GB dll.
  • Bisa digunakan dengan PayPal.
  • Penggunaan beberapa mata uang.
  • Hampir semua script toko online masa kini sudah mendukung produk-produk digital. Begitu juga dengan PrestaShop. Jadi Anda juga bisa jualan software atau eBook.
  • Prestashop punya forum resmi dalam berbagai bahasa, salah satunya adalah bahasa Indonesia

Mengintall Prestashop di Hosting


Berikut ini adalah langkah-langkgah menginstall prestashop di hosting.

  1. Download prestashop di http://www.prestashop.com/
  2. Extract file yang anda download dari prestashop.
  3. Upload semua folder dan file yang berada di dalam folder prestashop ke root dokumen di hosting. Anda bisa menggunakan filezilla atau fireFTP. Jika anda belum bisa, silahkan pelajari disini.
  4. Setelah proses mengupload data selesai, ketik www.nama_domain_anda.com/install/ untuk mulai menginstal Prestashop di website anda.
    Image
  5. Pada bagian System compatibility dari installasi Prestashop, umumnya semua persyaratan dipenuhi seperti gambar berikut. Klik Next untuk melanjutkan proses install Prestashop di server hosting.
    Image
  6. Dapat tahap System configuration, lengkapi kolom yang diminta dengan data database Anda.
    Image
  7. Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah, tahap Shop configuration, Anda hanya diharuskan mengisi data-data yang diperlukan.
    Image
  8. Sebelum Anda dapat login back-end, Anda wajib:
  •  Menghapus folder install yang berada di server
  •  Mengubah nama folder admin, dengan nama yang jauh berbeda dengan alasan keamanan.


Demikian langkah-langkah menginstall prestashop di hosting anda. Selamat Mencoba.