Image   Hari ini kita akan sejenak mengenal belajar cPanel. cPanel adalah sebuah control panel web hosting  yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. cPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standar, seperti pengelolaan Account FTP, pengelolaan Account E-mail, pengelolaan database, pengelolaan file (file manager), pengelolaan keamanan situs, pengelolaan pencatatan statistik situs, pengelolaan backup dan pengelolaan subdomain.

Belajar Login cPanel

Sekarang kita akan belajar cPanel mengenai cara login cPanel. Ada 2 cara untuk login cPanel, yaitu:

  1. Melalui Alamat IP , setelah anda mendaftar hosting maka akan ada email masuk ke alamat email anda. Di email itu akan ada Alamat IP anda, username dan password. Di web browser tuliskan alamat IP contoh http://174.132.212.56/cpanel. Kemudian masukan username dan password anda. Atau anda bisa klik langsung link masuk ke akun cPanel yang ada di email tersebut
  2. Melalui Domain, mengakses cPanel melalui domain hanya bisa anda lakukan bila domain anda terhubung dengan hosting. Contoh penulisan alamat untuk mengakses cPanel , http://namadomain.com/cpanel. Masukan username anda dan password, kemudian tekan "login". Maka anda akan di arahkan langsung menuju akun cPanel anda.

cPanel berfungsi pada dedicated server ataupun virtual private server yang bisa digunakan pada Sistem Operasi centOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD. Aplikasi-aplikasi didukung cPanel termasuk Apache, PHP, mySQL, Postgres, Perl, Python, and BIND, dengan email seperti POP3, IMAP, layanan-layanan SMTP.

Belajar Fungsi-Fungsi Menu cPnel


Image


Belajar cPanel tidak akan lengkap bila kita belum belajar mengenai menu-menu cPanel. Berikut ini adalah fungsi-fungsi penting yang wajib diketahui oleh website administrator adalah

Email

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Menu-menu email yang ada di cPanel:

  • Account E-Mail untuk menambah, menghapus, mengedit atau mengubah password
  • Webmail untuk masing-masing alamat email. Webmail adalah software E-Mail yang memungkinkan Anda untuk membaca email di mana & kapan saja: di rumah, di kantor atau di mana saja. Kami menyediakan 3 Web Mail yang paling popular: NeoMail, Horde & Squirrel Mail. Anda dapat memilih salah satu webmail yang sesuai dengan mood dan kebutuhan Anda.
  • Forwarder's untuk menambah, mengedit & menghapus e-mail forwarding Anda. Anda dapat mengalihkan misalnya email: sales@domainanda.com ke tejo@domainanda.com & budi@domainanda.com, dstnya.
  • Auto Responder untuk menambah, mengedit & menghapus e-mail Auto Responder Anda yang dapat digunakan sebagai jawaban otomatis.
  • Mailing List untuk membuat grup diskusi seperti http://www.yahoogroups.com
  • Default Address yang memungkinkan Anda untuk mengalihkan semua alamat email yang belum dibuat ke 1 alamat email. Sebagai contoh: apabila Anda hanya membuat "agus@domainanda.com", maka semua email yang dikirimkan ke apasaja@domainanda.com (selain agus@domainanda.com) akan ditampung di dalam 1 mailbox (misalnya di: default@domainanda.com

Subdomain

  • Sub Domain Manager untuk menambah & menghapus subdomain (http://namasubdomain.domainanda.com). Masing-masing dilengkapi dengan password FTP upload tersendiri.
  • Subdomain Redirects berfungsi untuk mengalihkan suatu subdomain ke website lain. Misalnya http://namasubdomain.domainanda.com dialihkan ke http://domainlain.com
  • Statistic Subdomain untuk menganalisa jumlah pengunjung di subdomain website Anda.

Database MySQL

Database MySQL berfungsi untuk membuat database baru dan kemudian akses user baru ke database tersebut. Dari sinilah konfigurasi file koneksi PHP kamu disesuaikan. Untuk akses user dapat dipilih apakah semua previlleges atau hanya previlleges tertentu saja, misalnya user A hanya bisa melakukan perintah SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE tapi tidak bisa melakukan perintah DROP.

FTP Manager

  • FTP Accounts dipergunakan untuk membuat account FTP tambahan. Contohnya apabila Anda ingin sebuah subdomain memiliki account FTP sendiri.
  • Setup Anonymous FTP Access   dipergunakan untuk mensetup anonymous FTP Access atau account bebas login untuk fungsi FTP.
  • Anonymous FTP Message dipergunakan untuk membuat pesan bagi user yang menggunakan anonymous FTP Anda.
  • FTP Session Control dipergunakan untuk menentukan masa waktu sesi FTP (time-out).

File Manager

File Manager berfungsi untuk memanage file-file dan folder Anda didalam server, antara lain Anda dapat membuat, mengupload, download, menghapus, memindahkan, mengedit, menyalin, dan mengganti nama (rename). File-file utama website yang dapat diakses melalui web browser terdapat didalam folder public_html.

Statistik

  • Web Statistik Webalizer untuk menganalisa jumlah pengunjung website Anda secara detail. Perhari, perbulan, masuk dari website mana, dari negara apa dan masih banyak lagi. Bukan hanya sekadar counter biasa.
  • Statistik FTP untuk menganalisa aktivitas user FTP di account Anda.
  • AWStats, software lain untuk menganalisa jumlah pengunjung website Anda secara detail. Alternatif lain bagi Anda yang merasa kurang nyaman dengan Webalizer.
  • Statistik Analog, software tambahan untuk menganalisa jumlah pengunjung website Anda. Namun dengan versi yang lebih sederhana dan mudah dibaca.
  • Statistic Subdomain untuk menganalisa jumlah pengunjung di subdomain website Anda.
  • Latest Visitors untuk menampilkan 300 pengunjung terakhir di website Anda dan beberapa informasi yang menarik tentang mereka.
  • Bandwidth Usage untuk mengetahui berapa bytes yang telah ditransfer oleh website Anda.
  • Error Log untuk menampilkan pesan error yang ditimbulkan website Anda, misalnya file foto yang tidak tampil, file yang hilang dan sebagainya. Sangat berguna bagi Anda yang menggunakan bahasa programming seperti CGI Scripts, PHP dan sebagainya.
  • Raw Access Logs untuk mendownload raw log website Anda.


Itulah sedikit tentang belajar cPanel. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang belajar membuat website.